Penelitian HIMATIKA ITB: Implementasi Kurikulum Belajar Matematika untuk Siswa Tunanetra di Sekolah Dasar

Halooo. Lama banget gak nulis disini. Lagi sibuk ujian banyak banget. Sekarang mau share sedikit dooong.

Jadi, himpunan saya HIMATIKA ITB sedang mengadakan penelitian jangka panjang nih. Penelitiannya sederhana: kita ingin membuat suatu kurikulum belajar matematika bagi siswa tunanetra, yang kita khususkan hanya untuk siswa SD kelas 1 dulu.

Kenapa bikin penelitian ini, lebih didasari pada keprihatinan kita melihat fenomena yang ada di Indonesia. Masih belum ada perhatian khusus yang dari pemerintah untuk mengakomodasi kebutuhan pendidikan adik-adik kita yang berkebutuhan khusus. Padahal jelas kebutuhannya berbeda dan sistem pengajarannya tidak dapat disamakan. Sekarang ini fenomenanya, belum ada sistem pembelajaran yang baik yang diterapkan ke SLB. Mereka masih mencomot kurikulum secara umum yang dibuat pemerintah. Belum lagi kurikulum yang dibuat pemerintah juga tidak ada jaminan kualitas yang memadai. 

Saya tidak memiliki kapasitas untuk mengatakan seberapa baik atau buruk kurikulum yang ada sekarang. Meskipun pendapat saya pribadi mengatakan kurikulum 2013 tidak dipersiapkan dengan baik dan terkesan sekenanya, postingan kali ini bukan untuk membahas itu.

Kembali ke topik. Jadi, penelitian ini judulnya Voice Recording sebagai Alat Bantu Belajar Matematika bagi Siswa Tunanetra di Sekolah Dasar, seperti yang bisa dilihat di bawah ini.Image

Penelitian ini sih idenya sudah ada sejak tahun lalu, dan dilanjutkan di kepengurusan sekarang untuk dieksekusi. Harapannya, ini bisa jadi penelitian jangka panjang dan bisa merambah ke kelas 2 SD, bahkan sampai kelas 6 SD.

Karena kita himpunan mahasiswa matematika, kita bisa buat kurikulum di pembelajaran matematika. Nah, saya mau ajak teman-teman yang tertarik untuk bantu. Bantuan bisa berupa apa saja, bisa berupa ide, ataupun bantuan fisik. Kebetulan kami juga sudah mendapat bantuan dana untuk mengeksekusi acara ini, sehingga kami ingin bisa mewujudkan kegiatan penelitian ini dengan sebaik-baiknya. Metode penelitian bisa dilihat pada poster di atas. Kalau ada masukan atau kritikan, silakan langsung komen saja. Terima kasih banyak 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s