Ini barulah awal dari perjuangan.

Jadi ceritanya tanggal 3-4 November kemarin HIMATIKA ITB, himpunan saya, ngadain pelantikan berkedok pelatihan (habis di surat undangannya ditulis pelatihan :p)

Sebagai anggota yang sudah setahun di himpunan, ada rasa kangen juga ngeliat pelantikan ini. Angkatan 2011 yang dilantik ini mengingatkan saya akan perjuangan angkatan kami waktu itu untuk bisa masuk ke himpunan. Saya jadi mikir: masuknya susah-susah, masa iya setelah masuk mau ga ngapa-ngapain?

Waktu masuk himpunan pertama kali, rasanya kagok gitu ngeliat abang-abang yang biasanya tampang jutek dan galak, sekarang jadi keliatan culun dan koplak. Ahahak. Butuh adaptasi juga sih ke kakak-kakak angkatan untuk bener-bener bisa ngerasa nyaman dan betah di himpunan. Waktu ada pilihan magang, sempet bingung mau masuk divisi apa. Pilihannya waktu itu 3, dan pilihan lebih berat antara Keprofesian atau Sains Akademik. Di satu sisi, waktu itu saya udah merasa ada talenta di bidang mengajar, jadi mau saya asah lagi di Sains Akademik. Tapi setelah dipikir-pikir lagi, hal-hal semacam itu kayaknya bisa didapat ga cuma di SA deh, dan lagi, saya pengen banget mengetahui sisi lain dari kematematikaan yang selama ini saya tahunya ya saklek di buku-buku aja.

Jadilah saya putuskan masuk Keprofesian, dengan harapan bisa tahu kemana matematika saja bisa pergi, punya jaringan alumni dan belajar dari pengalaman-pengalaman mereka. Masa magang 3 bulan dihabiskan dengan ikut mengurusi career sharing, english club-discussion gitu, dan seminar yang berhubungan dengan matematika dan migas gitu. Seru ternyata. Dapet sisi organisasinya tanpa benar-benar melupakan matematika yang saya pahami di bangku kuliah. Jadilah, ketika masa magang berakhir, saya putuskan untuk tetap stay di Keprofesian. Viva Keprofesian! :p

Nah, saya rindu untuk bisa berbuat lebih untuk HIMATIKA ITB, ga cuma dari Keprofesian aja. Iya sih, saya pengen bisa terlibat di kepanitiaan-kepanitiaan acara yang diselenggarakan Keprofesian, tapi saya pengen juga bisa secara akademik berbuat sesuatu gitu. Sekarang sih saya sedang mempersiapkan diri untuk ikut ON-MIPA lagi, dengan harapan hasil yang diperoleh nantinya bakal lebih baik dari yang saya dapat kemarin. Jika Tuhan membolehkan, saya ingin bisa mewakili Indonesia nantinya.

Jadi, yang mau saya ceritakan disini, ya bahwa saya merasa bahwa saya masuk himpunan itu bukan karena ikut-ikutan temen aja, takut dianggap ansos karena non-him. Ga ada yang salah kok dengan non-him, emang kenapa? Kali aja pilihannya untuk non-him bisa membawa dia lebih baik lagi. Yang penting, apapun pilihan kita, lakukan itu dengan sungguh-sungguh. Saya memilih untuk masuk HIMATIKA, ya saya harus siap dengan segala konsekuensinya. Ada fasa awalnya, ya osjur itu, dan memang itu harga yang harus dibayar kok. Yang penting tidak ada paksaan dari siapa-siapa, hati senang. Apapun bisa terasa enteng kalau hati udah mau.

Ketika udah masuk, ya lakukan apa yang bisa kamu lakukan. Saya merasa ada tanggung jawab sebagai anggota. Saya akui, saya bukan orang himpunan banget, yang setiap hari nongkrong di himpunan. Saya lebih memilih untuk ke himpunan kalau ada rapat, ya sesekali main juga sih. Tapi saya belajar untuk mengerjakan bagian saya dengan sebaik-baiknya. Dengan cara apa? Ya kalau saya gabung kepanitiaan apa, saya berusaha mengerjakannya sepenuh hati. Tuhan pasti bantu kok, asal kita mengijinkan Tuhan untuk bantu kita 🙂

Jadi, selamat buat 2011 yang udah jadi HIMATIKA 2012. Semoga kalian bisa dipakai Tuhan untuk mengerjakan bagian kalian masing-masing, dan lebih-lebih bisa membangun himpunan kita. Jangan lupa masuk Keprofesian yaaa :p *promosi*

Cheers!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s