Why you should visit Juwana.

Well, post ini dibuat lebih sebagai janji aja sih sama temen.

Jadi.. sebelumnya kita kenalan dulu dong sama kampung halaman saya, Juwana ๐Ÿ˜€

Image

Tugu batas kota Juwana

Juwana itu kecamatan yang terletak di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Juwana sendiri kira-kira 80 km di sebelah timur Semarang, 2 jam perjalanan (kalo ga macet yaa..)

Banyak teman-teman saya yang berasal dari kota-kota besar ga tau dimana Juwana itu (atau, kalo meniru kata mereka, apa Juwana itu). Ada yang bilang Juwana itu nama makanan, ada yang suka misspell Juwana dengan Ajuna, Juanda, dan lain-lain *lirik temen sekosan*.

Nah, post ini salah satu tujuannya mau mengenalkan Juwana itu kayak gimana sih. Kalo misalnya saya ajak kamu ke Juwana, harapannya kamu ga akan kabur tapi justru excited hahaha ๐Ÿ˜›

Apa aja sih yang bisa di-explore dari Juwana? Nih reasons why you should visit Juwana ๐Ÿ˜€

Apa aja yang kamu butuhkan untuk mengenal kehidupan pertanian, pertambakan ada disini.

Oya? Kok bisa? Bisa dong. Juwana itu ya, lengkap banget soal ini. Mau lihat padi menguning? Bisa! Mau liat tebu dipanen? Bisa! Mau liat pertambakan udang? Mau liat pertambakan garam? Bisa! Wow.. keren banget ya? Dan sawah-sawah dan tambak-tambak ini sangat dibudidayakan loh.. It’s kinda cool to live in this kind of society, you know ๐Ÿ˜€

Image

Salah satu sudut pelabuhan Juwana yang terkenal

Bandeng dan kuningan Juwana terkenal.

Hmm.. Pernahkah kalian familiar dengan Bandeng Juwana? Kalo kalian beli oleh-oleh bandeng gitu, terutama di Semarang, pasti bakal banyak banget yang jual. Yap, Juwana yang kalian baca itu adalah Juwana yang sedang saya bangga-banggakan ini loh. Juwana itu terkenal dengan pembudidayaan bandengnya. Banyak sekali bandeng yang dihasilkan disini, diolah dan dipasarkan kemana-mana.

Kuningan (yang biasa diliat di gagang pintu, yaa) ternyata juga dibuat di Juwana loh. Krisna sama Sampurna itu dua industri kuningan terkenal yang terbesar di Juwana. Tidak mengherankan mayoritas penduduk Juwana berprofesi sebagai petani, nelayan, atau buruh.

Image

Tugu sukun, ikon kota Juwana.

Oya, rumah saya tepat ada di depan tugu sukun itu. Jadi, kalo dari foto di atas, sebelah kanannya persis. ๐Ÿ˜›

Oke.. itu aja deh. Mungkin kamu masih mau pikir-pikir ya kalo diajak ke Juwana. Tapi, percaya deh, Juwana itu asyik. Jadi, jangan takut ke Juwana!

2 thoughts on “Why you should visit Juwana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s